Rabu, 19 September 2012

Tugas#2 Teori Keberhasilan Studi S3

Teori Keberhasilan Studi S3

Sebuah studi diawali dengan motivasi awal dengan tujuan akhir apa yang ingin dicapai. Studi dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan sebagai bekal dalam meraih masa depan yang lebih pasti. Kegiatan studi tidak mengenal usia, namun walaupun demikian, pada kegiatan pendidikan formal usia dijadikan syarat dengan maksud memberikan ketentuan dasar secara normal dan umum saasaran setiap pendidikan formal; dan sudah pasti hal ini disasarkan pada kajian ilmu psikologis pendidikan. Dalam studi S3 ada empat variabel yang dapat dijadikan faktor penentu keberhasilan studi S3, yaitu:
  • Motivasi: variabel ini bersifat internal (dorongan dalam diri untuk memicu semangat dalam bekerja dan mengejar impian yang ingin dicapai) dan eksternal (nilai masukan dari orang sekitar; baik keluarga, sahabat, guru, trainer, dan kisah/berita). Variabel ini umum sebagai key-success factor tercapainya hasil akhir studi yang baik.
  • Dukungan dana: variabel ini dibutuhkan untuk membiayai proses kegiatan studi dari awal s.d akhir. Bisa bersumber dari pribadi maupun pihak eksternal. Umumnya bila variabel ini tidak terpenuhi, studi akan terhenti sampai pada saat kondisi menyebabkan variabel ini ada maka studi kembali dapat dilanjutkan.
  • Kemampuan untuk menyelesaian persoalan: variabel ini bersumber dari internal diri dan bersifat tangible, dimana terlihat dari kemampuan dalam menyelesaikan setiap pertanyaan, kasus, dan tugas yang diberikan dalam studi. Bersumber dari daya nalar, logika, dan kecerdasan.
  • Dukungan literatur dan kepustakaan ilmiah: variabel ini bersumber dari kepustakaan yang tersedia seperti: text-book, e-book, sumber informasi dan berita dari internet, majalah, dan jurnal/makalah ilmiah.   
Keempat variabel ini berada pada level yang seimbang dan sama pentingnya.

Dinyatakan dalam model matematika sebagai berikut:


Dimana:
Ki: nilai bobot dari 0 s.d 9 (skalabilitas 10 tingkat ditentukan secara proporsional dan setimbang)
i: x, y, z, w

Referensi:
  1. Madian, D.G. 2002. Menyoal Objektivisme Ilmu Pengetahuan. Penerbit Teraju
  2. desJardins, M. 1994. "How to Succeed in Graduate School: A Guide for Students and Advisors". Crossroads Magazine.
  3. 3 qualities of successful Ph.D. students: Perseverance, tenacity and cogency. Diakses dari link-address: http://matt.might.net/articles/successful-phd-students/      





Tidak ada komentar:

Posting Komentar